Green and healthy living

Sebenarnya dari dulu aku sudah tertarik ingin hidup hijau, hanya saja mungkin dulu ga terlalu paham manfaatnya, jadinya suka gagal. Beli green-bag, tapi kemudian selalu ketinggalan tiap kali mau belanja, ujung-ujungnya pakai plastik lagi. Beli clodi buat pengganti pospak(popok sekali pakai), tapi malas-malasan buat nyuci, ujung-ujungnya beli pospak lagi. Tapi setahun belakangan ini Alhamdulillah banyak hal-hal yang sudah berhasil aku lakukan. Awalnya sih karena semenjak pindah ke apartemen, beban listrik + services charge disini mahal, makanya aku mencoba mengakali hemat di beberapa titik yang lain, tapi lama-lama ternyata hidup hijau itu tidak terlalu buruk juga. Menyenangkan malah. Plus sekarang juga sudah mulai mencoba hidup sehat (kalau ini alasan utamanya sih karena ingin kurus).

Berikut aku paparkan hal-hal yang sudah aku lakukan untuk hidup hijau dan sehat+persentase tingkat keberhasilannya :
1. Using Green-bag; kalau ini udah beli dari kapan tau (malah punya lebih dari satu) tapi selalu lupa tiap kali mau belanja. Triknya sekarang adalah beli green-bag yg bs dilipat kecil&digantung,lalu jadikan sebagai gantungan kunci untuk pintu rumah. Jadi kemanapun kita pergi tidak mungkin kita lupa bawa kunci rumah kan? Seriously,its work.(Tingkat keberhasilan=100%)

2. Say no for ATM's Print-out ; kalau melakukan penarikan tunai d atm aku tidak pernah minta struknya dicetak, tapi agak sulit kalau untuk transaksi transfer.karena untuk transaksi transfer (biasanya untuk belanja ols) aku butuh bukti transfer yang harus ditunjukkan ke penjualnya. kadang-kadang sih aku lebih milih transfer via sms banking,jadi buktinya tinggal di screenshoot aja. Sayangnya, sms banking yang aku pakai adalah BNI dan tidak banyak ols yang punya rek BNI. Meski ada fitur transfer antar bank tapi ntah kenapa tidak pernah berhasil.(Tingkat keberhasilan=50%)

3. Less water+electric using ; seperti yang aku bilang diatas, ini awalnya karena tarif listrik dan air disini luar biasa mahal, makanya pakainya hemat-hemat. Tapi lama-lama jadi kebiasaan. Contohnya matikan lampu yang tidak pakai, AC cuma hidup malam doang, kalo siang buka pintu balkon+jendela, cuci baju pakai tangan kecuali lagi ga fit baru pakai mesin cuci dan kain dijemur di depan blower AC jadi ga perlu pengering lagi. Dan mandi sehari sekali itu termasuk penghematan bukan ya?XD. (Tingkat keberhasilan=100%)

4. Change diapers with clody ; kalau ini aksi terfavorit aku,karena motif clodi itu super duper lucu. Dan lagi efek positifnya bagi anak, mereka lbh cpt lulus toilet trainningnya. Soalnya krn cape nyuci clody, jadi emaknya juga lbh keukeuh ngajari toilet trainningnya. Hehehehe (Tingkat keberhasilan=100%)

5. No more carbo compleks ; untuk nasi aku sudah 100% mengganti nasi putih dengan nasi merah,kecuali kalo sedang makan di luar. Tapi untuk roti,aku masih sering beli roti putih. Bukan karena ga suka roti gandum sih, tapi lebih karena nyari roti gandum susah,harus ke bakery atau hyper-market dulu. (Tingkat keberhasilan=75%)

6. I only drinking two, water&green tea ; untuk kalangan pelaku diet 2 minuman itu adalah hal wajib yang harus diminum. Dulu aku gak begitu suka green tea,tapi semenjak ketemu dengan Thai-green tea langsung jatuh cinta. Sumpah ya rasanya itu surga buuuanget. I can drinking it all day. Dan efeknya juga langsung berasa, jadi ingin buang air kecil terus. Sayangnya aku masih suka minum pakai gula+susu full cream. Tapi berita baiknya adalah ampas dari serbuk the hijaunya tadi bisa dipake sbg scrub saat mandi. lumayan penghematan ga perlu beli lulur lagi.. (Tingkat keberhasilan=100%)

7. Steam it ; kalau kukus mengukus ini cuma berhasil kalau aku lagi malas masak. Tapi biasanya bertahan gak lebih dari 2 hari. Hari ke-3 mulai masak lagi atau pun beli pecel lele di cafe bawah:( (tingkat keberhasilan=35%

Pengennya sih semakin ke depan tingkat keberhasilan untuk hidup hijau&sehatnya semakin naik. Semoga aja banyak hal-hal yang belum aku lakukan bisa segera dijadikan kebiasaan. Tapi ga pengen pake target-targetan juga sih. Soalnya msh harus banyak belajar. Yaah learning by doing aja lah. Dan yang menggembirakan adalah efeknya sudah mulai terasa dari sekarang, diantaranya adalah uang belanja banyak lebih, berat badan mulai stabil (ini poin yg cukup penting), dan dipuji suami karena kulit wajah terlihat sehat dan bersinar terus katanya.. So, what u waiting for? Mari kita hidup hijau dan sehat.. (Ferna Anindhita, 26thn, sedang belajar hidup hijau dan sehat)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share:

No comments:

Post a Comment