Menjadi judy hopps di police station larutan anak cap kaki tiga kidzania

Akhir pekan kemarin kita sekeluarga liburan ke Jakarta. Sebenarnya ngga murni liburan sih, disempat-sempatin liburan lebih tepatnya. Kita ngga punya itinerary khusus selama disini, yang penting sempat playdate aja sama teman-temannya anak-anak. Tapi emang rejeki ngga kemana ya, eeh ditawari tiket kidzania yang cukup murah dengan salah satu teman saya (tengkiu ya ta), langsung aja kita deh kita beli. Lumayan lho yang tadinya kita harus membayar total tiket 900 ribu untuk 2 dewasa & 2 anak, ini hanya setengahnya aja. its so worth it banget lah. Karena kita pergi nya di hari sabtu, sessi nya dibagi 2, sesi pertama jam 9.00 - 14.00 dan sesi kedua 15.00 - 20.00. Kalau mau orangtua nya ikut main itu bisa datang di hari jumat dan minggu (khusus minggu apabila pengunjung dibawah 700 orang). cmiiw umtuk permainan yang dilakukan bersama orangtua tidak lagi dapat 'gaji' setelah bekerja.

Saat pertama masuk kami semua diberi gelang dan khusus gelang para kaka sudah di input umur mereka masing-masing. Tujuannya agar memudahkan para petugas saat anak-anak bermain nanti sesuai dengan kategori umurnya. Selain itu para kaka juga diberi cek senilai 100 koz yang nantinya ditukar di bank. Dan untuk memudahkan para kaka memegang uangnya sendiri, kami membeli dompet gantung seharga Rp 50.000,- di gift shop atau banyak juga mas atau mba kidzsania yang keliling ngejual accesoris kidzania.

Pertama anak-anak masuk ke wahana rumah sakit. Disana terbagi 3 antrian, hospital worker, nursery baby, dan dentish. Anak-anak memilih di antrian hospital worker. Disini dibagi lagi menjadi emergency, surgery, dan lain lain. Kemudian mereka masuk ke emergency dan dengan anak-anak yang mengantri lainnya mereka bermain peran menajadi dokter dan pasien. Setelah dari sini mereka mengantri lagi di pemadam kebakaran. Pas banget saat kita kesana activity countdown nya tersisa 2 menit, jadi kita ngga perlu mengantri lama lagi. Oiya, jangan lupa untuk selalu mengecek waktu aktivitas yang tersisa di layar digital di masing-masing depan pintu wahana ya. Manfaat banget menghindari anak-anak untuk menunggu terlalu lama. Pertama para pemadam kebakaran cilik ini di briefing dulu tentang bagaimana cara memadamkan api. Kata kaka indira, ceritanya ada hotel yang kebakaran, lalu mereka naik mobil damkar dan menuju hotel yang kebakaran tersebut untuk melakukan pemadaman api. Lagi asik-asiknya menyemprot api, tiba-tiba ada segerombolan polisi yang berlarian mengejar penjahat katanya. Langsung dong kaka danesh yang memang senang banget sama polisi semenjak nonton zootopia teralihkan perhatiaannya. Nanya sana sini ternyata itu wahana police station larutan anak cap kaki tiga. Langsung lah kami semua menuju TKP.

kelihatan dari depan
Pas nyampe kesana, anak-anak langsung senang melihat logo depannya, KZPD (Kidzania Police Department) mirip dengan ZPD nya judy hopps katanya. Sayang kategorinya untuk 6th keatas, jadi cuma kaka indira yang bisa main, daneshnya langsung manyun deh. hehehe sabar ya danesh, nanti tahun depan kita kesini lagi deh. Mirip seperti di pemadam kebakaran, sebelumnya mereka harus briefing dulu di dalam, baru kemudian mengejar penjahatnya. Seru deh ngeliat anak-anak berlarian mengejar penjahat dan kemudian penjahatnya dimasukin ke penjara. Setelah berhasil menangkap penjahat, mereka mendapatkan gaji dan minuman larutan anak cap kaki tiga. Kaka indira langsung keluar sambil teriak, "buuuuun kaka dikasi minum lucu banget. gambar miki mos. boleh diminum kan bun?". Saya memang cukup selektif dalam memberikan minuman kemasan untuk anak-anak, makanya tiap mau minum sesuatu indira selalu minta ijin dulu ini masuk dalam daftar yang boleh sama bundanya atau tidak. Pas melihat yang dibawa indira itu larutan cap kaki tiga, waaah pas banget ini emang indira dari kemarin mengeluh panas dalam dan sakit kalau menelan makanan. Disuruh minum larutan panas dalam lainnya, dia ngga mau, katanya itu minuman obat pasti ngga enak. Langsung deh bunda nya dengan sepenuh hati mengiyakan saat indira minta ijin minum ini. Apalagi emang kandungan dari larutan anak cap kaki tiga ini pas dan cocok banget untuk anak. Benar-benar pucuk cinta ulam pun tiba lah ini namanya.

di depan penjara
serius dengar instruksi saat briefing
akhirnya penjahatnya berhasil ditangkap




Setelah itu kita naik ke lantai atas untuk mencoba profesi lainnya. Ada apoteker, pembuat sepatu, pembuat wafer dan pilot. Anak-anak senang sekali. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sini. Sayang waktu sesi pertama sudah mau habis aja. Uang yang didapat dari hasil 'kerja' bisa dipakai untuk belanja di department store atau ditabung di bank. Indira dan danesh memilih untuk menabung saja katanya. Mereka pun kembali ke bank untuk menabung uang kidzania hasil kerja mereka dan dikasi atm khusus kidzania pula. Katanya tabungan ini berlaku sampai mereka umur 16th. Waaaah asiiik..


Atm kidzania & name tag menjadi pembuat sepatu




Share:

2 comments:

  1. Wah asik yaa. Aku Blum nyoba ke kidzania mbaa. Pingin nnti klo udah pada rada gedean :)
    Indira sm danesh pasti seneng ya
    Salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba seneng bgt mereka. Pada betah ga mau pulang. Hihihi.. Salam kenal jg mba :)

      Delete