Blog dulu vs Blog sekarang...

Kalau ditanya kapan saya mulai menulis, sepertinya dari kecil saya memang suka menulis. Secara akademis, saya bukanlah anak yang pintar-pintar amat di kelas. Tapi satu yang pasti nilai saya selalu memuaskan di pelajaran bahasa indonesia. Bahkan kalau saya tidak salah ingat, selain pelajaran bahasa indonesia, ada mata pelajaran mengarang yang masih sepupunya bahasa indonesia juga yang jadi pelajaran kesukaan saya.

Di pelajaran mengarang yang dipelajari lebih spesifik, seperti membuat cerpen, puisi dan pantun. Dan semua itu bukan lah hal yang sulit buat saya. Malah dulu saya pernah membuat tugas mengarang untuk hampir ke semua teman-teman sekelas, hanya karena mereka ingin menyontek tugas saya dan tidak saya berikan karena ngga rela hasilnya plek plek sama. Tak mau dibilang pelit, akhirnya saya membuat karangan lain untuk mereka. Kalau dipikir-pikir lagi, sifat saya yang terlalu ingin membuat semua orang senang ini seperti emang sudah ada sedari dulu kayaknya ya. Saya juga pernah dulu dituduh oleh guru bahasa saya saat membacakan tugas cerpen yang katanya hasil menyontek dari majalah bobo. Kalau sekarang ada guru model kayak gini sih udah dituntut kali ya. Tapi saat itu saya menganggapnya itu bagian dari bentuk pujian.

Kalau ditanya lagi kapan pertama masuk ke dunia perblog-an, ini pun saya ingat-ingat lupa. Sebelum saya punya blogspot, saya pernah punya blog di friendster. Waktu jaman friendster berjaya, saya masih jadi dede-dede gemesh saat itu, jadi isi blognya yaaa gitu deeeh. Untung lah kemudian itu blog lenyap sekaligus dengan lenyapnya friendster juga.

Buat yang tidak tahu apa itu friendster, friendster bukan lah friendzone. Itu dedangkotnya media sosial, yang isinya cuma pajang foto & profile doang. Yang pintar ngutak ngatik, halaman profilnya suka ditambah dg template yg kerlap kerlip. Dan segitu juga kami sudah bahagia saat itu. Rela berjam-jam di warnet cuma buat ini. Oh ya dulu ngeblog ngga lah semudah sekarang. Saya harus ke warnet buat nulis blog. Bahkan saya belum punya laptop saat itu. Jadi sebelum ke warnet suka diketik dulu di komputer tabung yang ada di rumah. Nanti di warnet, baru di copy paste ke blognya. Tapi saya lupa dulu memindahkan datanya sudah pake flashdisk atau masih disket ya? (Kayaknya sih flashdisk ya, ga mungkin saya sepurba itu).

Setelah era friendster berakhir, saya pun berhenti ngeblog. Baru mulai lagi tahun 2012, waktu itu sudah agak modern, sudah pake ipad yang sampai sekarang masih ada. Waktu awal-awal beli ipad, iseng-iseng aja buat blog di blogspot. Postingannya masih random banget. Gaya penulisannya pun masih acak-acakan (meski sekarang juga masih belum sempurna sih). Menulisnya ngga terlalu rajin kayak sekarang, setahun paling 2 atau 3 post. Pageview nya ngga usah tanya lah, paling-paling bisa dapat 20 juga udah ok, itu pun kayaknya 5 pv dari diri sendiri kayaknya (dan kayaknya dulu juga ga pernah ngecek-ngecek pv deh, nulis ya nulis, bodo amat ada yang baca atau ngga).

Blog jaman sekarang ini ternyata lebih kompleks dari yang saya bayangkan. Semenjak beberapa bulan yang lalu saya tergabung menjadi anggota komunitas kumpulan emak2blogger saya jadi lebih intens menulis. Dan saya terkagum-kagum melihat anggota lain yang beneran deh mereka kece abis. Dari cara menulisnya, bahasanya, dan belum lagi endorse-annya yang bikin ngences. Dan rata-rata mereka itu ya emak-emak kayak saya juga.

Awalnya saya pikir blog jaman sekarang itu sebatas punya follower instagram yang banyak, foto yang kece, promo blog nya di instagram & facebook, udah deh banyak itu pageview nya. Tapi ternyata banyak banget pritilan-pritilan dan istilah yg buat saya bertanya ini sejenis makkhluk apa ya.

Ada yang namanya SEO, yang kemudian saya tau itu kepanjangan dari Search engine optimization, yaitu semacam mesin yang akan mengarahkan orang untuk menuju blog kita dengan keyword yang dia masukkan. Ada yang namanya in link, out link, dofollow link, nofollow link, broken link, dan entah apa lagi. Yang saya pikir itu hanya sebatas link, apa salahnya dia ada blog kita. Tapi ternyata itu mempengaruhi penilaian si google terhadap performa blog kita. Ada lagi traffic, pageview, endebraw endebruw, banyak lah pokoknya. Beneran saya pusing sendiri bacanya.

Dan ini mengubah pandangan saya terhadap mereka-mereka, para blogger heiits di luar sana. Kalau kemarin saya pikir, enak banget jadi mereka, cuma 'modal' nulis bisa menghasilkan endorse atau bahkan juga uang, kemudian pemikiran  itu langsung berubah. Wajar lah jika mereka mendapat hasil yang seharusnya mereka dapatkan, karena blog sekarang bukan lah hanya sebatas menulis dan posting. Ada hal-hal lain yang harus mereka jaga untuk memenuhi kriteria sesuai yang diminta para klien mereka. Aaah kalian memang kece. *acunginjempol*

Buat saya yang memang gagap sekali untuk urusan teknikal seperti itu, jelas ini jadi nilai minus untuk dunia persilatan eh per-blogan maksudnya. Wong kemarin aja pas pindah dari blogspot ke domain berbayar itu ngerepotinnya satu dunia coba. Udah dikasi tutor, trus dicoba ini gagal, itu gagal, sampai akhirnya si mas cs lelah kali yq jelasinnya trus dia bantu setting dari sana. Maap yak, semoga jadi amalan yang dibalas Allah ya. *tutupmuka*. Ini juga dari kemarin mau jajan template & header aja maju mundur pesennya, takut ga bisa pasang, trus ngerepotin orang lagi. Hahahha.

Jadi pada akhirnya blog ini saya jadikan sarana menulis saja. Mungkin tidak viral-able, trafficnya tidak tinggi, pageview nya juga paling teman-teman sendiri, tapi setidaknya bisa jadi media saya untuk berbagi (walaupun yang nerimanya belum tentu membutuhkan juga sih) dengan hal-hal yang dekat dengan saya. Dan yang paling penting adalah memberi pengaruh positif untuk fans sejati saya (baca : anak-anak saya) untuk membudayakan mereka menulis. Dan itu sudah terlihat dari indira yang sekarang juga suka menulis di bindernya untuk menuangkan perasaannya. Aaaah itu juga sudah lebih cukup lah.





P.s. meski sudah lewat beberapa hari, saya mau mengucapkan selamat hari blog nasional untuk teman-teman blogger semua. Kalian kece-kece. Makasi juga untuk komunitas kumpulan emak2blogger yang sudah menerima saya jadi anggotanya, saya jadi belajar banyak disini. Alhamdulillah semangat menulis saya kembali lagi. Sekali lagi terimakasih. *lapairmata *lapingus* *dadahdadahalamissuniverse*
Share:

No comments:

Post a Comment