Staycation : Liburan dalam kota, rasa luar kota


Beberapa waktu yang lalu saya ditawari voucher Labersa waterpark dan juga hotelnya seharga Rp 150.000,- dengan masa berlakunya sampai Desember 2017. Isinya cukup menggiurkan, ada diskon 50%, beli 2 gratis 1 dan bahkan ada yang gratis tiket masuk untuk satu orang di kunjungan pertama dan kedua. Waaah penawaran yang bagus nih kayaknya. Lumayan bisa penghematan buat rombongan sirkus model keluarga kami ini. Akhirnya saya beli saja waktu itu vouchernya, hitung-hitung berbagi rejeki sama salesmannya juga, kasian juga dia sudah menjelaskan sampai berbusa. Walaupun saat itu belum tahu juga akan dipakai kapan.

Minggu ini adalah minggu yang cukup hectic buat anak pertama kami, Indira (7th), karena ini adalah minggunya ujian PTS (Penilaian Tengah Semester). Meski saya dan ayahnya selalu menekankan  ke indira berapapun nilainya bukanlah masalah, yang penting proses belajarnya dipahami dan dijalani dengan menyenangkan, tapi Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Tidak ada pelajaran yang remedial, yang artinya nilainya sudah lebih dari cukup. Kami putuskan untuk memberi reward quick getaway untuk anak-anak terutama indira. Selain karena baru selesai PTS, juga karena mereka sudah jadi anak yang cukup kooperatif harus bangun subuh dan pulang sore hari (dan ini berlakunya juga untuk kedua adiknya Indira, Danesh dan Shanaz yang terpaksa harus ikut jadwal kakanya). Dan lagi dipikir-pikir anak-anak belum pernah ke waterpark juga. Dulu waktu ke legoland kita ngga sempat masuk ke waterparknya gara-gara hujan badai padahal sudah beli tiket combo. Selama tinggal 7 tahun di Jakarta pun baru ngeh belum pernah ngajak mereka ke Ancol. Hehehe, maap ya nakanak :-)). Jadilah akhirnya sabtu pagi kemarin kami langsung cuss ke Labersa. Yaaaay


Labersa terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Tidak terlalu jauh dari kota Pekanbaru, sekitar 15-20 menit lah. Bahkan jika dari bandara sangat dekat sekali, 5 menit juga sampai. Begitu sampai di gerbangnya, kaget melihat bintang 5 terpampang di depan, langsung naluri kemamak-an saya muncul, waaah pasti tidak murah ini, begitu pikir saya saat itu. Terlihat dari luar bangunan hotelnya sih tidak terlalu modern dan entah kenapa tiap saya masuk hotel begini didalam otak saya langsung muncul adegan sarah & doel liburan bersama di serial doel anak sekolahan. Random banget yak? Maklum generasi 90's. Hahahha.




Sesampai di loby, kami langsung disuguhkan dengan loby yang cukup luas dengan ornamen khas 90an. Di bagian teras sampingnya, ada kolam yang cukup besar dengan patung gajah yang seukuran aslinya (kebayang kan kolamnya segeda apa?). Kemudian langsung saja kami menuju front desk menanyakan tentang voucher yang sudah dibeli beberapa waktu yang lalu itu. Ternyata emang benar ya kata orang kalau promo model-model begini itu too good too be true. Jadi diskon 50% yang dimaksud itu hanya berlaku untuk publish rate dan dimulai dari Rp 1.398.155 untuk kamar deluxe. Pihak hotel malah menawarkan promo dari mereka sendiri katanya promo ini khusus untuk bulan oktober saja dimulai dari Rp 688.800,- untuk tipe kamar yang sama. Yaaa dihitung-hitung beti (beda tipis) sih dari kedua promo ini. Iseng coba buka traveloka, eeh ternyata kami menemukan kamar dengan harga Rp 720.000,- untuk tipe deluxe elite. Sedikit lebih mahal tapi tipe kamarnya setingkat lebih tinggi dari tipe Deluxe. Bedanya yaitu deluxe elite ada balkonnya, sedangkan yang deluxe tidak ada. Akhirnya kami putuskan mengambil yang deluxe elite saja dari traveloka, cuma tambah Rp 40.000 saja sudah dapat view balkon, lebih worth it kan?. Lumayan bisa mengobati sedikit kecewa dari promo voucher tadi. Dan lagi dipikir-pikir untuk hotel bintang 5 dengan harga 700ribu itu rasanya sudah bisa dibilang super murah lah ya, Hotelnya juga meski interiornya jadul tapi cukup bagus kok. 




Karena saat itu baru jam 10 dan check in baru bisa jam 13.00, kami pun memutuskan untuk menuju ke arena bermainnya dulu aja. Dan ternyata jaraknya cukup jauh dari hotel. Di hari minggu katanya sih ada shuttle yang menjemput jam 10.00 dari loby dan diantar pulang kembali ke hotel pukul 18.00. Arena tempat bermain yang ingin kami tuju ini namanya Riau Fantasi, terbagi menjadi dua bagian, ada waterpark dan themepark. Karena masih trauma dulu di legoland tidak sempat bermain di waterparknya keburu hujan, jadinya kali ini kami memilih bermain basah dulu, baru nanti sorenya main di tempat keringnya alias theme park.

Sesampai di Riau Fantasi kami kembali mencoba memakai promo voucher yang kami beli waktu itu, Alhamdulillah kali ini sesuai harapan. Harga tiket masuk ke waterpark adalah Rp 50.000,- untuk weekdays dan Rp 60.000,-. untuk weekend. Kami memakai voucher tiket gratis masuk untuk kunjungan pertama 1 orang dan 3 lainnya voucher 50% (karena menginap di hotelnya dapat juga voucher 50%, jadi dari promo voucher yang kami beli hanya menggunakan 1 buah saja). lumayaaan yah menang banyak. hehehhe :-D

Untuk masuk ke dalam waterparknya menggunakan sistem smart tag, yaitu berupa gelang yang nanti akan discan di pintu masuk. Ada jaminan sebesar Rp 25.000,- yang nantinya akan dikembalikan saat kita pulang. Tidak hanya itu kita juga bisa memasukkan saldo dengan nominal sesuka hati yang bisa dipakai untuk beli makanan atau pun sewa pelampung. Jadi tidak perlu repot lagi basah-basahan pegang dompet. Good idea.
gelang yang sudah disertai smart tag untuk msuk dan belanja disini


Saat pertama masuk saya melihat banyak sekali petugas berbaju kuning dengan tulisan "pool guard", waaah cukup dikelola dengan baik nih sepertinya. Walau ternyata setelah itu pikiran saya langsung buyar saat melihat salah satu si pool guard ini malah memegang saringan kolam dan membersihkan daun-daun yang jatuh ke kolam. Gubraaaak langsung drooop, padahal sebelumnya sudah membayangkan baywatch aja, kok malah ini membersihkan kolam sih. Untung setelah itu kemudian saya melihat pool guard lainnya yang memang sesuai deskripsi pekerjaanya mengawasi kolam dengan baik. Aaah mungkin yang tadi salah pakai baju seragam doang kali ya, positif thinking aja lah :-p. 

Kolam renang disini dibagi menjadi 5 bagian berdasarkan kedalaman dan kriteria umurnya, yaitu
  1. Adult Pool ; Dari namanya saja sudah jelas yah ini ditujukan untuk dewasa dengan tingkat kedalaman 1,5 M. Cukup dalam terutama untuk saya yang punya badan model ini, model kecebong maksudnya:-p
  2. Lazy River Pool ; Ini adalah kolam arus dengan sungai buatan sepanjang 950 meter dengan kedalaman 1 M. Di kolam ini kita bisa bersantai ala-ala sail away dengan mengunakan pelampung sambil melihat pemandangan yang hijau dan asri. Beberapa titik disertai dengan air pancuran yang sukses membuat shanaz ketakutan dan  ngga mau lepas dipeluk sama bundanya. Waktu itu kami keliling menggunakan pelampung combo yang disewakan di tempat ini dan ternyata karena ukuran pelampungnya cukup besar jadi kurang nyaman buat para krucils. Mungkin lain kali bawa pelampung sendiri aja kali ya yang sesuai dengan ukuran mereka.
  3. Crocodile River Pool ; Nah kalau ini adalah kolam dengan penuh wahana bermain di dalamnya dengan kedalaman air 1.200 M. Ada vertical slide dengan tinggi  12 M, Spiral Slide dengan beberapa putaran yang cukup meliuk-liuk dan ketinggian 15 M. Ada Race slide dan Big jump Slide. Berhubung kita bawa krucils dibawah tinggi badan 120cm, jelas ini terpaksa dicoret dari list dulu. Mungkin nanti kalau sudah sedikit lebih besar, diajak lagi deh main beginian (semoga nanti mamaknya masih punya nyali dan jantung yang kuat buat main begituan ya:p)
  4. Adventure Pool ; kalau dsini kita merasakan sensasi tumpah ember dengan ukuran yang cukup besar yaitu 3000 Liter. lagi-lagi mampu membuat shanaz ketakutan pas embernya tumpah. emaknya malah ngakak liat ekspresinya. Hahahhahaha, maap ya dek. lucu siih.
  5. Baby Pool ; kolam dengan kedalaman 30 cm ini jadi oasenya shanaz setelah lelah diajak ke tempat yang 10 X lebih besar dari badannya terus. Habis mau gimana lagi, nasib jadi unyil ya, terpaksa harus ikut yang gede-gede. Semoga jadi cepet gede dan tahan banting ya dek. enjoy deh di kolam bayi ini sepuasnya
harga sewa pelampung yang bisa dibayar dengan smart tag

sail away di lazy river pool. lihat lah shanaz & danesh yang meluk super erat emak bapaknya:p

ekspresi kaget shanaz saat ember tumpahnya jatuh. hahaha, kocak ya?


Setelah capek berenang, anak-anak mulai lapar dan minta makan. Karena sudah cukup panas juga, kita putuskan untuk udahan mainnya, bilas di kamar mandi umum dan siap-siap untuk keluar. Sebenarnya ada penyewaan gazebo hampir di setiap sudut waterpark ini yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi pribadi di dalamnya. Kamar mandinya juga bisa untuk menyimpan barang-barang berharga karena bisa dikunci, jadi aman deh bisa bebas main, ngga perlu mikirin barang walau ngga ada yang nungguin juga. Gazebo- gazebo ini disewakan seharga Rp 200.00,- per 4 atau 6 jam gitu, maaf kalau agak-agak lupa ya. Tapi karena kami  (baca:saya) penganut sistem makirit-isme, jadi lah lebih memilih menyimpan barang-barang berharga kami di mobil,  dan hanya bawa baju ganti dan handuk saja ke dalam waterpark. Toh kita ngga perlu pegang uang cash juga selama disini, sudah diisi di gelang yang kita pakai ini. Dan sengaja juga kita milih kursi tempat kita simpan barang-barang kita yang dekat dengan kamar mandi umumnya, jadi biar gampang pas mau bilasnya. Cerdik dan hemat juga kan? Mak irit dilawan. HAHAHAHAHAHAHA.





Dan kemudian lihat lah apa yang kami temukan tepat di depan pintu gerbang saat keluar dari Riau Fantasi, penyelamat setelah capek habis berenang, yaitu sop tunjang pertama. Saya pernah cerita dulu di postingan #ngobrolinpekanbaru bahwa sop tunjang pertama adalah salah satu favorite kuliner saya selama disini, dan ternyata ini adalah salah satu cabangnya. Bisa aja ini buka cabangnya pas banget hadap-hadapan dengan gerbang Riau Fantasinya.  Jadi tunggu apa lagi, mariiii sikaaaaat. 

sop tanjung dan sepring nasi hangat setelah habis berenang. ntap !

lapar tingkat dewa, sepring habis sendiri
Habis dari sini kita pulang ke hotel dulu dan harusnya setelah istirahat dan sholat sebentar, sore nya lanjut main ke theme parknya, tapi ternyata karena sudah kenyang dan mager (malas gerak) juga, jadi lah terlupakan itu rencana ke theme park. Sampai besok kita check out juga tetap ngga jadi kesana dan anak-anak tidak protes sama sekali. Hahahahha, udah pada cape kali ya. Mungkin kapan-kapan kita kesini lagi, gantian kita main di theme park nya ya. Lumayan banget lah ini liburan singkat ngga perlu jauh-jauh tapi rasanya ngga jauh beda kayak habis liburan luar kota.
sisanya males-malesan di kamar sampai check out besok

danesh selfie ;))

view dari balkon kamar saat malam hari

Share:

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. staycation sepertinya seru juga ya kalo ada swimming pool kece kaya gini.. :D

    ReplyDelete