Review : Wonderful Alquran dari Pelangi Mizan

Beberapa bulan yang lalu saya memesan sebuah paket dari Pelangi Mizan edisi wonderful Alquran.  Saat itu saya memesan sistem PO, jadi mesti menunggu sedikit lama sampai barangnya tersebut datang.  Tapi sebagai gantinya, saya dapat potongan harga yang cukup cihuy. Yaaaay.. mayaaan. 

Karena faktor ekonomis, saya memilih untuk memberikan alamat pengirimannya ke alamat jakarta saja. Toh nanti juga kalau pak suami ke jakarta, bisa sekalian titip dibawa pulang kemari. Walau kemudian itu jadi merepotkan orang banyak sih, maap yaah maklum disini penganut mak irit-isme. Hehehehe.

Singkat cerita akhirnya sampai juga paket wonderful Alquran ini dengan selamat ke kota bertuah, kota Pekanbaru. Indira (7th) yang paling terlihat sangat antusias. Sampai-sampai besoknya dia curahkan perasaan senangnya itu di kertas binder. Semenjak emaknya rajin ngeblog, indira juga ikut-ikutan suka menulis juga. Anak bukan pendengar yang baik, tapi peniru yang ulung, ya kan?

Tidak hanya Indira, mamaknya juga ikut langsung jatuh hati dengan paket wonderful Alquran ini. Terdiri 1 jilid Mushaf, 1 jilid Kamus, 10 Jilid buku kisah dalam Alquran, 1 set permainan ular tangga versi islami dan juga ditambah E pen memang lah sangat menggugah selera sekali. Pokoknya kalian harus lihat sendiri deh semua produknya itu. Dari desainnya, ilustrasinya, semuanya sangat ramah anak. Wajar lah kalau indira ngga sabar menanti paketnya datang. Terbayar sudah harus menunggu lama untuk ini ya kak.


Sekarang saya coba uraikan satu-satu produk yang ada di paket Wonderful Alquran ini. Sebelum baca, pesan saya cuma satu, kuatkan hati dulu, siap-siap mupeng ya..


1.     Mushaf
Mushaf ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk anak-anak. Dimulai dari sampul depannya yang menggunakan teknologi lenticular, yaitu teknologi visual yang memberikan efek kedalaman seperti ruang tiga dimensi dan juga perpaduan warna yang sangat selaras sehingga menimbulkan rasa suka bagi anak. Format halaman yang landscape dengan warna kuning juga memberikan daya tarik sendiri. Bukan hanya itu saja, di sisi kiri juga terdapat quote yang akan menjelaskan tentang tema keseluruhan dari ayat tesebut. Dan itu sangat memudahkan saya untuk menjelaskan kepada indira dan danesh yang memang lagi punya rasa ingin tahu yang super tinggi. Untuk kertasnya, mushaf ini menggunakan kertas bookpaper yang meski tebal tapi tetap ringan. Aaaah kalau sudah begini rasanya jangankan anak-anak, saya pun jadi ikutan jatuh cinta dengan mushaf ini.

2.     Kamus
Kamus bersampulkan hard cover ini berisi tentang kata-kata yang ada di dalam Alquran diterjemahkan menjadi 3 bahasa, Arab – Inggris – Indonesia. Tidak hanya itu, di dalam kamus ini juga dituliskan contoh ayat yang berisi kata tersebut dan jumlah kata tersebut muncul dalam Alquran. Pasti sudah berpikir ini akan membosankan untuk anak-anak kan? Eeeh jangan salaaah, ilustrasi dari kamus ini penuh warna dan sengaja susunan kata nya dibuat tidak sistematis. Tujuannya selain tidak menoton juga mengajarkan anak agar mampu melihat dari berbagai sudut. Dibawah ini adalah contoh isi halaman dari kamus wonderful Alquran :



3.     10 jilid buku kisah dalam Al quran

Ini adalah kumpulan buka yang merupakan cerita-cerita teladan yang ada di dalam Alquran. Totalnya ada 10 judul di masing-masing buku. Ada Qarun, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Paus, dan lain sebagainya. Gaya bahasanya sederhana, anak-anak jadi gampang mencernanya. Apalagi kalau bacanya pakai E-pen, seruuuu. Soalnya ngga cuma narasi nya aja yang muncul suaranya, tapi juga gambar-gambarnya. Jadi pas anak-anak nunjuk ke gambar orang, ada suara dialognya, pas nunjuk angin, ada suara wuuz wuuz nya dan bahkan ada suara musiknya juga. Pokoknya rame lah.

aah tapi kan yang kayak gitu juga bisa didapat di tablet, tinggal download aja aplikasi tentang kisah-kisah Alquran.’

Yup anda benar wahai saudaraku. Tapi tahu ngga sih ada beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan teknologi, yaitu sensasi membaca menggunakan buku fisik. Lagian kalau yang di tablet kan namanya bukan membaca tapi menonton, hayoooooo loooooo…

4.     Permainan

Kalau ini saya rasa ngga akan ada anak yang tidak suka ya. Sudah fitrahnya mereka sebagai anak-anak untuk bermain. Yaiyalah, masak disuruh baca koran sambil minum kopi? Itu sih indungnya. Hahahaha. Konsep bermainannya ini adalah ular tangga yang sudah dilengkapi dengan 5 pin karakter anak sholeh/sholeha dan dadunya. Untuk papannya dibuat dalam bentuk puzzle yang melatih logis matematis si anak sebelum bermain. Tuuuh belum main aja udah ada manfaatnya ya. Bermain ular tangganya juga bukan standar seperti ular tangga biasa, dibuat berdasarkan 114 nama surah dalam Alquran. Ngga hanya sekedar nama, tapi juga lengkap arti dan jumlah ayat dari surat tersebut dan juga dibagi warnanya berdasarkan golongan surah tesebut. Warna kuning artinya Madaniyah dan warna ungu artinya Makkiyah. Peraturan bermainnya ngga jauh beda dengan permainan ular tangga biasa, bedanya adalah jika mampu menjelaskan tentang kata yang ada di kotak tempat kita berdiri, boleh mengocok dadu 2 kali, dan jika berdiri di kotak nama binatang dan mampu meniru suaranya, dapat bonus tambahan lagi, jadi total boleh mengocok 3 kali. Seruuuu banget ya? Anak-anak pikir mereka sedang bermain, padahal mereka lagi belajar tentang surah-surah yang ada di dalam Alquran. Warbiyasa..






Gimana buibu? Sudah mulai merasa ada getar-getar cinta belum sama paket buku ini? Nih saya bagi-bagi tisu dulu buat hapus encesnya tuh. Hahahaha. Maap yah saya emang gitu orangnya, suka pamer. Sekarang serius ya, siniiih saya bisikin, sssttt kalau mau order sama temen saya yang cantik, sholeha dan tidak sombong ini aja ya. Namanya Desti, no telpnya 08122055815. Biasanya doi suka ada promo-promo tertentu lho. Kalau mau tanya-tanya dulu juga boleh. Koleksi bukunya banyak, ngga cuma ini aja. Cuuus dihubungi, ntar jangan lupa bilang dapat no nya dari blog nya ferna gitu yah.  Sebut namanya harus 3 kali. Biar apa? Biar cape aja. Hehehehehe.
Share:

3 comments:

  1. wah bukunya menarik banget ya buat anak2 dan pastinya bagus utk mengajarkan Agama Islam sejak dini kepada anak2.. nice sharing mba

    ReplyDelete