4 Musim dengan sensasi berbeda hanya ada di Jepang

Kalau ditanya negara yang ingin sekali saya kunjungi apa, dengan lantang jawabnya adalah JEPANG. Bukan karena sekarang ini Jepang menjadi destinasi favorit orang-orang, tapi memang saya suka Jepang sejak zaman smp dulu. Dan semua itu karena komik-komik yang saya baca dulu asalnya dari Jepang.

Jepang itu unik. Negara yang masuk ke dalam teritorial Asia timur ini punya 4 musim dimana tiap musimnya menawarkan keeksotisannya tersendiri.

Musim semi (Haru) adalah musim yang paling sangat ingin saya kunjungi saat ke jepang suatu saat nanti. Musim ini dimulai dari Maret sampai Mei. Di tahun-tahun tertentu bahkan bisa sampai pertengahan Juni.  Tentu lah yang ingin saya lihat adalah mekarnya bunga sakura. Orang Jepang menyebut kegiatan tersebut dengan hanami. Puncak musim semi (setsubun ni-hi)ada pada tanggal 20 maret. Saya ingin sekali melihat sakura di UENO Park di Tokyo. Saya bahkan sampai hafal jadwal sakura mekar di Tokyo itu sekitar akhir maret sampai awal april. Suatu saat nanti  di tanggal 28 maret - 2 april entah tahun ke berapa saya pasti akan ada disana bersama 3 anak & suami saya. Aamiin. Insya Allah.

Selain musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin juga mempunyai sensasi tersendiri. Musim panas (Natsu) dimulai dari bulan Juni- Agustus. Biasanya mulai dari pertengahan bulan Juli banyak sekali festival khas jepang dan juga kembang api. Festival musim panas ini disebut juga Natsumatsuri. Saya sering melihat ini di komik-komik yang saya baca dulu. Festival ini dilakukan di seluruh daerah di Jepang. Dalam festival tersebut, orang-orang memanggul omikhosi yaitu semacam tandu mewah yang dipercaya dinaiki roh di dalamnya. Selain itu di pinggir pantai atau sungai akan diadakan pesta kembang api yang ditembakkan ke atas langit di malam hari. Konon katanya suhu di Jepang saat musim panas cukup terik mencapai 40 derajat. Puncak musim panas yang disebut juga Geishi biasanya jatuh pada tanggal 23 Juli. Meskipun harus berpanas-panasan, saya yakin pasti semuanya akan terbayar dengan keindahan festival-festival tersebut ya.

Setelah musim panas, maka yang selanjutnya kemudian muncul adalah musim gugur (Aki). Musim ini dimulai dari bulan September sampai dengan November. Meski dimusim ini udara mulai terasa kering tapi musim ini juga tidak kalah populernya dengan musim semi lho. Pernah lihat foto yang sering jadi screensaver di laptop atau di kalender yang bernuansa merah-kuning dengan latar kuil di belakangnya ? Nah begitulah suasana musim gugur di Jepang. Super eksotik ya. Di musim ini juga katanya sudah sangat nyaman untuk melakukan aktivitas karena suhunya yang sudah tidak terlalu panas. Banyak sekali kegiatan-kegiatan beragam budaya diadakan di musim ini, salah satunya adalah Tsukimi (melihat bulan purnama) pada tanggal 25 September dan 23 oktober. Tidak hanya itu ada juga festival terbesar di Kyoto pada tanggal 22 oktober yang biasa disebut Jidai (Festival jaman). Aaaah kebayang betapa menyenangkan pastinya ya.

Menjelang Desember, Jepang mulai masuk ke dalam musim dingin (Fuyu). Musim ini dimulai dari awal bulan Desember sampai dengan Febuari. Malah katanya di akhir Desember bisa mencapai dibawah titik beku. Karena struktur daerah jepang berbeda-beda, tidak semua daerah jepang akan diselimuti salju. Biasanya di daerah Hokoriku, Tohoku dan Hokaido sangat terlihat tumpukan salju. Disaat-saat tertentu suasana seperti ini bisa berlangsung bahkan sampai awal maret. Puncak musim dingin atau biasa disebut juga dengan Doji jatuh pada tanggal 20 Januari. Untuk kegiatan yang sering dilakukan di musim ini yaitu pada tanggal 31 Desember ada yang disebut omisoka. Omisoka adalah memakan mi soba (mi khas Jepang) saat pergantian ke hari berikutnya. Selain itu ada juga tradisi memakan makanan khas tahun baru (osechi ryori) dan meminum sake di 3 hari pertama setelah tahun baru. Hal ini biasa disebut juga shogatsu. Jika ingin merasakan sensasi berbeda pergantian tahun baru, tidak ada salahnya menjadikan Jepang sebagai salah satu tujuan liburan akhir tahun.

Aaaah ingin rasanya saya bisa merasakan keempat musim yang ada di jepang tersebut. Kalau mau lebih jauh berandai-andai lagi kalau bisa ingin sekalian hijrah kesana merasakan hidup di Jepang. Can i get ameen sodara-sodara?

Blogpost ini akan menjadi salah satu bentuk ikhtiar saya untuk bisa menapakkan kaki ke Jepang. Bukankah Allah berkerja sangat misterius? Dia bisa menjawab doa kita melalui cara apapun kan?. Semoga inilah jawaban dari doa-doa saya. Semoga HIS TRAVEL adalah perantara doa-doa saya. Dan bahkan jika disertai dengan gratis transportasi selama disana bersama HISGO tentu saya tidak akan menolak. Aamiin

Tulisan ini diikutsertakan untuk lomba blog competition bertema HOW AMAZING JAPAN yang diselenggarakan  oleh H.I.S Travel Indonesia. Yuk yang lain ikutan juga yuk. Mari kita ramai-ramai ke bulan eh ke jepang maksudnya.


HIS Amazing Sakura - Blogger Competition

SUMBER TULISAN :
Share:

4 comments:

  1. Aamiin. Semoga impiannya ke Jepang terkabul yaa :) Anakku juga ada yang pengen kuliah ke Jepang. Dia tertarik banget dengan budaya Jepang, jd aering denger info2 ttg Jepang dari dia ;D

    ReplyDelete
  2. Mampir sini mak kalo menang, biar kita bisa hanami bareng...... Eh nggak cuman Tokyo aja yang keren, tempat lainnya juga oke lho

    ReplyDelete
  3. Akupun juga pengen kesini, sejak kecil jadi suka gara-gara baca komik dan keterusan sampe sekarang :D

    ReplyDelete
  4. Eh samaan! AKu juga ngefans sama Jepang! *toss dulu

    ReplyDelete