Mencari tiket murah disaat Mudik

Mudik atau pulang kampung adalah satu hal yang tidak pernah saya rasakan sebelumnya sampai kemudian saya menikah 8 tahun yang lalu dan ikut pak suami merantau. Wajar saja dari lahir  dan sampai tumbuh besar saya hanya berada di Aceh. Di ujung bagian paling barat Indonesia ini hampir semua keluarga dekat saya ada disini. Nenek dari pihak ibu tinggal tepat di sebelah rumah, dari pihak bapak sedikit jauh, tapi tidak sejauh hatimu dan hatinya sih, yaah cuma beda kecamatan saja, masih di kota yang sama. Makanya saya sangat bersemangat kalau sudah menjelang mudik. Bahkan sampai hari ini pun masih merasakan getar yang sama.

Bagian yang paling deg-degan dari mudik adalah saat pencarian tiket. Apalagi untuk saya yang kampungnya cukup jauh dan hanya bisa dijangkau dengan pesawat, jadi duuh itu rasanya kalau tiket pesawat belum ditangan, super H2C alias harap-harap cemas.  Ini bukan nama reality show lho ya dan percaya lah perasaan saya lebih nyata dari acara tersebut.

Sebenarnya bisa saja sih pakai alternatif lain selain naik pesawat yaitu via darat.  Tapi itu membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa sampai ke Aceh. Dan jika dihitung kembali biaya operasional termasuk menginap, makan dan lain-lain selama perjalanan sama saja dengan harga tiket pesawat.
Mencari tiket pesawat di musim mudik seperti ini memang agak sedikit tricky. Kalau tidak pintar-pintar, bisa-bisa pulang mudik langsung jadi gembel. Kalau dulu saya selalu saya cari tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan, bahkan sebelum puasa sebisa mungkin saya sudah pegang tiket. Tapi semenjak beberapa tahun terakhir banyak aplikasi pencari tiket murah justru mencari tiket terlalu jauh dari hari- H harganya malah cukup tinggi.
Dan Alhamdulillah sejauh ini dari pertama saya hijrah ke Jakarta sampai sekarang saya sudah merantau di kota berikutnya dan juga sudah berkembang biak cukup pesat, saya selalu dimudahkan untuk urusan tiket pesawat. Bayangkan dari yang awalnya cuma perlu beli 2 tiket pesawat, lalu tahun berikutnya bertambah menjadi 2 tiket pesawat dewasa + infant dan bertambah terus tiap tahunnya sampai saat ini formasi bertahan di 2 tiket pesawat dewasa + 2 tiket anak (yang harganya sama saja dengan tiket dewasa) +1 tiket infant (yang sebenarnya dari beberapa bulan lalu sih sudah bayar satu tiket penuh, tapi sama bundanya masih di-infant-infant-kan;p). Jadi kebayang ya itu dompet kalau tidak ketemu tiket promo babak belurnya kayak apa.  
Berikut saya coba berbagi tips agar dapat harga tiket pesawat yang murah saat menjelang mudik seperti ini :

1.      Semenjak dunia dalam genggaman, saya selalu mencari tiket pesawat di aplikasi pencari tiket murah. Dan seperti saya sebut diatas, entah kenapa membeli jauh-jauh hari di aplikasi ini justru harganya masih sangat tinggi sekali. Jadi saya selalu mencari tiket pesawat tidak terlalu jauh dari tanggal keberangkatan, yaaah minimal 2 minggu sebelum hari H. Saya tidak tahu apakah  ini hanya berlaku ke saya saja atau yang lain juga begitu ya. Dan percaya atau tidak katanya kalau ingin mendapat harga tiket pesawat dengan harga yang bagus, lebih baik pesannya di hari selasa dan kamis. Lebih bagus lagi katanya kalau dicari saat tengah malam hari. Entah mungkin kebetulan atau bagaimana, saya sih sudah buktikan sendiri. Untuk hari selasa dan kamis nya ya, kalau untuk tengah malamnya sejauh ini harganya sama saja, tidak ada perbedaan yang signifikan. Dan baru-baru ini aplikasi pencari tiket murah ini mulai menerapkan sistem poin lho. Semakin sering kita bertransaksi semakin besar juga poinnya, yang nantinya poinnya bisa ditukar dengan voucher  Rp 50.000 – Rp 100.000. Lumayan kan?


2.      Kalau ingin bermain aman, yang paling tenang  itu sebenarnya sudah memegang tiket mudik jah-jauh hari ya. Paling tidak satu urusan selesai, jadi tinggal memikirkan untuk hal-hal lainnya. Nah kalau untuk beli tiket pesawat jauh-jauh hari saran saya sebaiknya langsung ke layanan penjualan resmi nya saja. Apalagi untuk maskapai premium seperti Garuda, itu kan biasanya layanan penjualan resmi nya suka ada di mall-mall, jadi sambil mencari tiket pesawat bisa sambil cuci mata juga.


3.      Beberapa bulan sebelum lebaran (bahkan sebelum puasa ) biasanya maskapai tertentu suka mengadakan fair dengan menjual  tiket pesawat murah. Acara seperti ini wajib disambangi nih untuk para pejuang mudik yang menggunakan tiket pesawat. Walau sebenarnya saya belum pernah sih ikut ke acara-acara seperti itu, selain sudah kebayang ramainya seperti apa dan saya juga cukup ribet kalau harus kesana dengan membawa 2 anak dan 1 batita. Ternyata saya belum seseterong itu manteman.


4.      Kalau punya kartu debet atau kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tertentu ini bisa juga dijadikan pilihan untuk menghemat. Karena biasanya akan ada harga khusus jika membeli dengan pembayaran dari kartu bank terkait. Apalagi kalau kartu tersebut juga berhubungan dengan kartu frequent flyer, selain dapat harga khusus, biasanya juga dapat bonus poin lho. Dan terutama jika suaminya punya rutinitas berkala harus dinas ke luar kota menggunakan pesawat, wah poinnya bisa dikumpul tuh dan kemudian ditukar untuk tiket pesawat saat mudik. Lumayan hemat satu tiket. True story ;))))


5.      Jika memungkinkan sebaiknya hindari tanggal keberangkatan ketika sudah masuk arus mudik. Tapi tentu ini hanya berlaku untuk orang-orang seperti saya yang notabene adalah seorang ibu rumah tangga dengan anak-anak yang belum bersekolah saat itu. Jadi bisa curi start mudik duluan. Dan sekarang pun meski Indira sudah masuk SD, untungnya dua tahun terakhir lebaran bertepatan dengan libur kenaikan kelas, jadi begitu urusan ujian selasai, langsung cuuus  berangkat mudik. Entah bagaimana untuk tahun-tahun kedepan yang mungkin saja antara libur dan puasa sudah tidak bersamaan lagi. Kita lihat saja nanti.


6.      Yang tidak kalah penting adalah sebelum mencari tiket pesawat, berbanyak amalan baik. Karena semakin banyak amalan baiknya, semakin bagus harga tiket pesawat yang didapat. Hahahaha. Teori ngaco ya. Tapi ada benernya sih, intinya mantapkan tujuan dan niat mudik karena ingin silaturahim ke orangtua dan saudara. Kalau setelah itu sekalian dengan wisata kuliner dan jalan-jalan, ya anggap itu sebagai bonus lah.


So, sudah siap berjibaku mencari tiket pesawat murah? Selamat berjuang ya teman-teman. Saya doakan kalian berhasil mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang paling bagus. Permisiii,,,saya mudik duluan ya. da.... *lambaikan tangan dari pesawat
ini adalah kumpulan foto saat kita mudik dri tahun ke tahun. yang kiri atas bukan lah Shanaz, tapi Indira saat umur dia 9 bulan. Dari yang modal cuma bayar infant, sampai kemudian satu persatu harus bayar tiket penuh *nangis darah*

Share:

4 comments:

  1. poin ke 6 nya bikin ketawa ih. haha. btw thank you tipsnya. ah, baca tulisan ini tiba-tiba jadi keingat tiket pesawat adik ku yang belum dipesan.

    ReplyDelete
  2. Kami Tim mudik jauh hari juga kak...
    Soalnya berlima dan mudiknya panjang
    Pku-Jkt-Tasikmalaya-Jkt
    Pas arus mudik biasanya kami udh duduk manis Di Tasikmalaya hihiii..

    ReplyDelete
  3. Tiket mudik dari Pekanbaru ke Selatpanjang ada yang murah gak mbak? 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  4. Aku mudiknya lawan arus mba dari Jateng ke Bogor, jadi ngga pernah hunting tiket mudik Alhamdulillah hihi

    ReplyDelete